Kamis, 23 Juli 2009

Fitnes dapat mengatur berat badan

Kelebihan berat badan dan kegemukan, telah terbukti sangat berhubungan dengan resiko beberapa penyakit seperti sakit jantung, darah tinggi,sesak napas, diabetes, sakit sendi, stroke dan lain-lain. Oleh karena itu adalah hal yang wajar apabila kita harus menghindari kelebihan berat badan dan obesitas. Untuk itu jawaban yang tepat adalah FITNES alias melakukan olahraga yang baik dan benar. Tentunya tidak boleh dilupakan diet yang benar dan istirahat yang cukup. Cooper Clinic di Dallas telah meneliti bahwa resiko menderita penyakit yang diakibatkan oleh karena kegemukan dapat sangat dikurangi dengan melakukan aktifitas fisik yang baik dan teratur.
Dengan fitnes yang baik terutama dengan melakukan latihan beban, maka masa otot kita akan bertambah. Diketahui bahwa mesin metabolisme kita adalah masa otot. Jadi dengan bertambahnya masa otot kita, maka metabolisme kita juga akan meningkat.Juga diketahui metabolisme yang meningkat ini akan berlangsung terus selama 48 - 72 jam setelah kita selesai melakukan latihan beban. Ini berarti bahwa makanan yang kita makan akan di olah semuanya menjadi tenaga dan tidak disimpan dalam bentuk lemak.
Bila kita juga melakukan aerobik dengan intensitas sedang, ini juga akan membantu dalam membakar lemak yang ada didalam tubuh kita.
Dari penelitian diketahui bahwa menurunkan berat badan hanya dengan diet akan sulit dipertahankan. Hal ini disebabkan setelah kita melakukan diet beberapa waktu, maka tubuh kita akan beradaptasi dengan kondisi diet yang kita lakukan. Jadi dengan diet saja biasanya hanya memberi hasil penurunan berat badan pada waktu permulaan saja. Setelah itu kita cendrung untuk menjadi gemuk lagi. Inilah yang disebut dengan YOYO EFEK. Adaptasi yang dilakukan tubuh adalah dengan menurunkan metabolisme tubuh, sehingga makanan diet yang kita makan sudah berlebih akibat metabolisme yang menurun tadi. Oleh karena itu kita harus mempertahankan metabolisme tetap tinggi dengan melakukan fitnes yang meliputi latihan beban dan aerobik. Dengan latihan beban masa otot kita meningkat dengan akibat metabolisme meningkat dan tetap tinggi, dengan aerobik lemak tubuh kita dapat berkurang. Kondisi inilah yang dapat mempertahankan berat badan kita tetap stabil dan tidak terjadi yoyo efek.
BUILDING AND MAINTAINING YOUR MUSCLE MASS, WILL KEEP YOUR IDEAL BODY WEIGHT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar