Minggu, 10 Januari 2010

Aging and Energy Consumption




Basal Metabolisme Rate (BMR) adalah metabolisme yang terjadi pada waktu kita tidak melakukan kegiatan apapun, biasanya terjadi pada waktu kita tidur. Disini energi yang dibutuhkan juga minimal. Dengan naiknya usia, BMR juga akan menurun. Pada usia sekitar 60 tahun biasanya BMR akan turun sekitar 10%, dan akan turun terus dengan naiknya usia. Salah satu penyebabnya adalah kehilangan masa otot. Seperti diketahui bahwa makin besar masa otot kita makan makin tinggi pula metabolisme tubuh kita. Hal ini pula yang dapat menerangkan mengapa kita mudah menjadi gemuk dengan naiknya usia, walaupun asupan makanan yang dimakan tidak berubah volumenya. Oleh karena itu asupan makanan harus disesuaikan dengan usia. Bila tidak akan mudah terjadi penumpukan lemak di tubuh kita.
Diet yang salah juga dapat menurunkan BMR sampai sekitar 30%. Hal ini terjadi karena bila asupan makanan berkurang maka tubuh akan berupaya menyimpan makanan dalam bentuk lemak sebagai cadangan makanan untuk dapat mempertahankan hidup.
Ada cara lain untuk mempertahankan agar metabolisme tubuh kita tetap tinggi atau minimal tidak banyak menurun yaitu dengan mempertahankan masa otot tetap besar. Caranya adalah dengan fitnes, terutama dengan latihan angkat beban.

BUILDING AND MAINTAINING MUSCLE MASS IS ONE OF THE MOST IMPORTANT THINGS FOR FITNESS OVER 40TH.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar