Minggu, 28 Maret 2010

EXERCISE FOR BRAIN HEALTH










Banyak anggapan bahwa kita lebih memerlukan otak dari pada otot untuk dapat memenangkan persaingan di era globalisasi ini. Namun mungkin tidak banyak diketahui bahwa dengan olahraga yang benar, terutama latihan beban untuk mendapatkan otot yang baik, justru dapat membuat otak kita lebih sehat. Hal ini disebabkan karena dengan exercise yang baik, otak kita akan mendapatkan oksigen dan aliran darah yang lebih. Juga faktor pertumbuhan (growth factor) meningkat dengan akibat akan terjadi pertumbuhan sel saraf baru. Selain itu juga terjadi peningkatan pengeluaran bahan kimia otak seperti dopamine, glutamate, norephinephrin dan serotonin. Semua bahan-bahan kimia ini akan membuat kerja otak kita lebih baik.
The New York Times (March 28,2010) menulis artikel tentang A BETTER BRAIN AFTER WEIGHT LIFTING. Disebutkan bahwa dengan latihan beban akan terjadi peningkatan kemampuan membuat keputusan, menyelesaikan masalah serta pikiran lebih fokus dan tidak pelupa (forgetfulness). Jadi terjadi perbaikan dari apa yang disebut dengan COGNITIVE FUNGTION otak.
Pada waktu kita latihan beban, terjadi kontraksi otot yang dimulai dengan adanya aliran listrik yang berasal dari susunan saraf pusat otak. Makin besar aktifitas listrik ini di dalam otot, potensi untuk mendapatkan masa otot dan kekuatan otot juga makin besar.
LORENZO CORNACCHIA melakukan penelitian dengan Electromyographic (EMG) test, untuk menentukan latihan otot mana yang dapat menghasilkan stimulasi elektrik yang terbanyak dalam setiap kelompok otot. Hasilnya adalah sebagai berikut:

1. Pectoralis Mayor Decline dumbbell bench press.
2. Pectoralis Minor Incline dumbbell bench press.
3. Medial Deltoids Standing dumbbell side laterals.
4. Posterior Deltoids Standing dumbbell bent laterals.
5. Anterior Deltoids Standing Front dumbbell raises.
6. Biceps Brachii Incline Seated dumbbell curl (alternate)
7. Triceps Brachii Triceps Pressdown (angled bar)
8. Latissimus Dorsi One arm dumbbell rows.
9. Rectus Femoris Seated leg extensions.
10. Biceps femoris Standing leg curls.
11. Semitendinosus Seated leg curls.
12. Gastrocnemius Standing one leg calf raises.
Oleh kerena itu mulailah latihan beban dengan benar untuk mendapatkan otak yang cerdas.

" EXCERCISE WILL IMPROVE YOUR BODY AND YOUR MIND"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar